Senin, 05 Mei 2014

Perbedaan antara format Audio RA,MP3, WMA


·         MPEG Layer 3 (MP3)
Ekstensi : .mp3
Mp3 merupakan format kompresi audio yang dikembangkan oleh Moving Picture Experts Group (MPEG). Format file ini menggunakan Layer 3 kompresi audio yang secara umum digunakan untuk menyimpan file – file music dan audiobooks dalam hard drive. Format file mp3 mampu memberikan kualitas suara yang mendekati kualitas CD stereo dengan 16-bit.

        Kualitas suara file MP3 tergantung pada sebagian besar bit rate yang digunakan untuk kompresi. Bit rate yang digunakan biasanya berkisar 128, 160, 192, dan 256 kbps. Semakin besar bit rate, semakin bagus kualitasnya, namun hal tersebut berpengaruh pada kebutuhan ruang dalam disk yang semakin besar, atau dengan kata lain berpengaruh pada ukuran file yang semakin besar.

      Sebagai file kompresi, MP3 menggunakan teknik lossy compression sehingga ada kemungkinan kualitas file berkurang ketika dikonversi kedalam MP3. Dalam prakteknya, berkurangnya kualitas file tidak tampak secara nyata, namun hasil pengurangan.

Kelebihan :
Mendekati kualitas CD stereo dengan 16-bit

Kekurangan :
Sudah terkompresi, kualitas file sudah berkurang dan Bit rate terbatas
Beberapa batasan dari file MP3 ini adalah:
o   Bit rate terbatas, maksimum 320 kbit/s(beberapa encoder dapat menghasilkan bit rate yang lebih tinggi, tetapi sangatsedikit dukungan untuk mp3-mp3 tersebut yang memiliki bit rate tinggi).
o   Resolusi waktu yang digunakan mp3 dapatmen jadi terlalu rendah untuk sinyal-sinyal suara yang sangat transient, sehingga dapat menyebabkan noise.
o   Resolusi frekuensi terbatasi oleh ukuran window yang panjang kecil, mengurangi efisiensi coding.
o   Tidak ada scale factor band untuk frekuensi di atas 15,5 atau 15,8 kHz.
o   Mode jointstereo dilakukan pada basis perframe. Delay bagi encoder/decoder tidak didefinisikan, sehingga tidak ada dorongan untuk gapless playback (pemutaranaudio tanpa gap). Tetapi, beberapa encoder seperti LAME, dapat menambahkan metadata tambahan yang memberikan informasi kepada MP3 player untuk mengatasihal ini.

·         Format WMA ( Window Media Audio ) :
Ekstensi nama file : .wma, .asf
WMA adalah audio file format lossy compression, yang merupakan salah format audio yang dikembangkan oleh Microsoft dengan tujuan untuk menyaingi MP3. Kualitas musik yang ditawarkan format WMA lebih baik daripada MP3. Peranti lunak dan peranti keras terbaru umumnya mendukung format ini. Namun dukungan ponsel belum seluas format MP3. Sementara ini Microsoft memposisikan WMA bersaing dengan AAC yang digunakan pada produk Apple seperti iPod dan  iTunes Music Strore. WMA juga menggunakan sistem Digital Rights Management seperti AAC untuk proteksi penggandaan dan membatasi pemutaran pada PC atau peranti tertentu. WMA audio stream hampir selalu dengan file ASF. Jika hanya membawa data audio, biasnya file mempunyai ekstensi .WMA. Adapula versi lossless untuk multichannel surround sound dan untuk voiceencoding (WMA Voice).

·       Format RA (Real Audio)
Ekstensi nama file : .ra
RA adalah audio file format yang dikembangkan oleh Real Networks pada tahun 1995. File format ini awalnya dikembangkan untuk transmisi bandwith rendah. Dapat digunakan untuk streaming informasi audio dan dapat berjalan saat file audio tersebut masih di download. RealAudio banyak digunakan oleh statiun radio untuk streaming program-program mereka via internet secara real time.

Beberapa sifat/jenis dari file format :
1.      Audio file format dengan kompresi    : .MP3, .AAC, .WMA
2.      Audio file format dengan lossless      : .FLAC
3.      Audio file format open                       : .OGG, .FLAC
4.      Audio file format free                      : .AAC

5.      Audio file format proprietary             : .RA, .MP3

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Link

Universitas Negeri Malang





Elektro

Ilmu Komputer

Komputek


KRI 2014 Regional 4



Followers